03 October 2010

4 langkah yang membuat diri kita berakar kuat di dalam Firman Allah

1. MENERIMA FIRMAN(M1)
► "Terimalah dengan lemah lembut firman yang tertanam di dalam hatimu" (Yakobus 1:21). Untuk membuat seseorang berakar di dalam firman, maka langkah pertama adalah menerima firman Tuhan. Kita harus memiliki hati yang lemah lembut (melalui doa) agar firman Tuhan tertanam di dalam hati kita. Ini berbicara tentang sikap hati kita. Hati yang lembut adalah hati yang tidak memberontak, tidak melawan, hati yang menyerah kepada Tuhan, mudah dibentuk, hati yang rela, terbuka untuk diselidiki dan dinasihati oleh Tuhan.

2.MERENUNGKAN FIRMAN(M2)
► "Meneliti hukum sempurna yang memerdekakan" (Yakobus 1:25). Merenungkan adalah membaca firman Tuhan dengan teliti. Banyak orang hanya membaca firman Tuhan tanpa merenungkan apa yang dibaca. Itulah sebabnya firman Tuhan tersebut tidak diserap menjadi iman. Jadi meneliti firman ertinya melihat dengan teliti, dari dekat dengan serius sampai kita menemukan kedalamannya sama seperti akar pohon yang terus merambat ke bawah tanah sampai menemukan sumber air.

3.MELAKUKAN FIRMAN(M3)
► "Bertekun di dalamnya..sungguh-sungguh melakukannya" (Yakobus 1:25b). Untuk membuat seseorang berakar dan bertumbuh di dalam iman, tindakan melakukan firman Tuhan adalah syarat utamanya. Ramai orang yang hanya membaca, mendengar firman tetapi tidak melakukannya sehingga mereka tidak mengalami mujizat Tuhan. Lakukan firman Tuhan terus menerus sampai menjadi kebiasaan.

4.MEMBAHAGIKAN FIRMAN(M4)
► "Jikalau ada seorang menganggap dirinya beribadah, tetapi tidak mengekang lidahnya, ia menipu dirinya sendiri, maka sia-sialah ibadahnya" (Yakobus 1:26)Ibadah yang tidak sia-sia adalah mengekang@menjaga lidahnya hanya untuk menceritakan hal-hal yang memuliakan Tuhan. Kita akan sempurna berakar di dalam firman kalau apa yang telah kita alami, kita kongsikan kepada rakan-rakan di sekeliling kita.

Ketika kita melakukan 4M ini dengan konsisten, kita akan berjalan di dalam perjanjian berkat Tuhan. Berjalan saja dengan penuh ketaatan di dalam perjanjian Tuhan, maka Ia akan memberkti hidup kita sepenuhnya. Selamat melakukan 4M. Saya tunggu kesaksian dari anda :)

✿✿ God Bless U all ✿✿

No comments:

Post a Comment