12 March 2011

❤Jaminan Sebuah Ujian❤

I Korintus 10:13 Pencobaan-pencobaan yang kamu alami ialah pencobaan-pencobaan biasa, yang tidak melebihi kekuatan manusia. Sebab Tuhan setia dan karena itu Ia tidak akan membiarkan kamu dicobai melampaui kekuatanmu. Pada waktu kamu dicobai Ia akan memberikan kepadamu jalan ke luar, sehingga kamu dapat menanggungnya.

Orang yang dewasa secara rohani adalah orang yang selalu berhasil melalui sederetan masalah dalam hidupnya. Ketika menghadapi masalah, dia tidak pernah mengeluh dan lari dari masalah yang ada. Justru dia semakin merendahkan diri di hadapan Tuhan agar diberikan kekuatan dan jalan keluar dari permasalahan yang dihadapi. Orang yang seperti ini juga tidak pernah mencari-cari masalah, tetapi sebaliknya dia menjadi pemecah masalah dari orang yang membutuhkan jalan keluar dan dia menjadi berkat bagi banyak orang. Hidup orang seperti ini yang Tuhan mau terjadi kepada umatNya yang selalu kuat dan tidak mengeluh terhadap beban hidup yang dialaminya. Mengapa orang seperti ini bisa menjalani kehidupan yang sangat sulit dan mengapa dia bisa bertahan terhadap segala masalah yang ada?

Mungkin orang tidak mengetahui bahwa seseorang sedang memiliki masalah dan sangkanya seseorang itu tidak pernah mengalami masalah karena dia begitu sukacita dan tidak ada keluhan yang cukup berarti. Ketahuilah bahwa tidak ada orang yang tidak memiliki masalah, semuanya pasti punya masalah. Besar kecil sebuah masalah adalah tergantung kepada orang yang memandangnya. Mungkin suatu masalah sangat besar bagi seseorang, tetapi bagi orang lain tidak. Ini dapat diibaratkan seperti seseorang yang memandang sebuah gedung tinggi dari sebuah pesawat yang sedang terbang di atas awan. Kelihatan bahwa gedung itu hanya sebuah titik kecil yang tidak berarti apa-apa. Namun bila gedung tinggi tersebut di lihat dari bawah, maka kelihatanlah bahwa gedung tersebut sangat tinggi dan sangat memukau.

Demikian juga halnya dengan masalah yang dihadapi. Kita harus mengetahui bahwa tidak ada masalah yang tidak ada jalan keluar. Tidak ada masalah yang luar biasa beratnya untuk dipikul. Tidak ada masalah yang sampai menghancurkan kehidupan kita. Ingatlah bagaimana Ayub ketika akan menghadapi sebuah masalah, Tuhan mengijinkan Iblis untuk mengganggu dia tapi tidak mengijinkannya untuk mengambil hidupnya (Ayub 1:12). Ketika masalah datang menghampiri, kita harus mengetahui bahwa masalah yang datang tidak akan melebihi kekuatan yang dimiliki. Tidak mungkin seorang anak berusia 12 tahun diberikan oleh orang tuanya beban seberat 1 ton untuk diangkat. Tetapi orang tua akan melihat kemampuan sang anak yang hanya mampu untuk mengangkat beban seberat 10 kilogram. Tuhan mau agar kita memahami hal ini sehingga kita tidak mengeluh ketika masalah datang menghampiri, sehingga kita tidak putus asa ketika masalah belum ada tanda-tanda jalan keluar. Kita harus yakin bahwa Tuhan tidak pernah lalai untuk menepati janjinya dan bahwa semua terjadi adalah untuk kebaikan kita. Masalah diberikan dan diijinkan terjadi kepada kita agar kita lebih peka kepada Tuhan. Dan ketika masalah datang menghampiri, Tuhan sudah memberikan jaminan bahwa masalah tersebut tidak akan melebihi kekuatan yang dimiliki dan bahwa masalah tersebut pasti ada jalan keluar. Mari kita pahami hal ini sehingga kita menjadi kuat di dalam Tuhan. Terpujilah nama Tuhan. Amin

By Dwi Budhi Cahyono

No comments:

Post a Comment